30 Perilaku Kucing yang Perlu Kita Ketahui

Prilaku dan kebiasaan kucing
Anak kucing yang lucu
Kucing adalah binatang lucu dan menggemaskan, bagi anda yang hobi dengan kucing, pastinya pengen tau kan arti dari kebiasaan-kebiasaan/prilaku yang sering kucingmu lakukan. Nah, untuk itu artikel ini akan merangkum dan membahas berbagai prilaku kucing yang umum dilakukan maupun yang belum pernah dilakukan. Yuk, langsung saja kita intip apa saja sih prilaku-prilaku kucingmu.

1. Mengapa induk kucing suka menjilati bulu anaknya ?
Induk kucing biasanya akan menjilati bulu/rambut yang ada di badan dan kepala anaknya. Itu menandakan ungkapan kasih sayang yang ditunjukan ke anaknya. Tidak hanya berpengaruh antara ibu dan anak. Kucing yang bersodara juga sering saling bantu menjilati bulu-bulunya. Itu juga menunjukkan ungkapan kasih sayang dan perhatian.

2. Mengapa kucing menjilati tangan kita saat kita memegangnya ?
Untuk yang ini jarang terjadi, biasanya kucing hanya menjilati permukaan yang halus dan lembut. Jika dia menjilati tanganmu, itu juga berarti dia menunjukkan kasih sayangnya ke kamu, tapi dengan catatan (dia melakukannya dengan tidak sengaja). Karena lidahnya yang kasar berisi duri-duri hanya baik untuk menjilati bulu dan bukan kulit manusia.

3. Mengapa kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang?
Berbeda dengan menjilati kita, kucing memiliki kelenjar yang terangsang ketika mereka menyentuhkan bulunya. Itu disebut feromon atau bau khas kucing sebagai penanda individu. Sebenarnya manusia juga mempunyai bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, maka bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau pada manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau kucing itu sendiri. Oleh karena itu, sang kucing tidak terima dan segera menjilati bulu-bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Jadi tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, maka ia akan secepatnya lari dan membasuh dirinya.

4. Mengapa kucing suka memijat-mijat saat minum susu induknya?
Ketika anak kucing mulai menyusu, biasanya anak kucing akan memijat atau mendorong-dorongkan tangan/cakarnya ke perut ibunya, itu sebagai tanda kepuasan atau mendorong aliran susu agar banyak didapat. 

5. Mengapa kucing suka memijat manusia ?
Ketika kucing sudah dewasa, maka kucing memijat  untuk menunjukkan kesenangan dan kepuasan. Dan jika dia memijat manusia/kita itu artinya dia senang dan puas memiliki majikan seperti anda.

6. Mengapa kucing suka kencing sembarangan (Spraying) ?
Perilaku spraying yang dilakukan kucing biasanya digunakan untuk mengklaim kepemilikan sesuatu dan menandai daerah kekuasaan. Perilaku sprying biasanya sering dilakukan oleh kucing jantan, kucing betina biasanya tidak akan  melakukan spraying. Dan beberapa kucing betina yang melakukan spaying itu karena dia meniru perilaku kucing jantan. Maka dari itu kucing jantan seharusnya melakukan pengebirian untuk mengurangi perilaku spraying.

7. Mengapa kucing mencakar-cakar pohon (scratching) ?
Perilaku tersebut sebenarnya dilakukan untuk menajamkan kuku-kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat. Jika dilakukan dekat makanannya, tindakan ini untuk mengubur benda kontradiktif tersebut.

8. Mengapa kucing suka mengeong ?
Kebiasaan kucing mengeong sebagai sinyal sosial kepada sesama kucing. Sinyal sosial tersebut bisa berupa pertanda kalau ia membutuhkan bantuan, merasa senang, atau merasa puas.

9. Mengapa kucing tidur melulu ?
Kebiasaan kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge/menambah tenaga tubuhnya untuk berburu. Saat berburu, kucing akan menggunakan energi secara mendadak, cepat, dan besar-besaran agar dapat menangkap buruan secara efisien.

10. Mengapa kucing mengubur kotorannya dan sering kencing di daerah tertentu ?
Bisa dikatakan hanya kucing inferior yang punya inisiatif mengubur kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat dua jenis hewan alpha dan inferior. Hewan alpha (Kucing Dominan) adalah kucing penguasa teritorial karena kekuatannya yang besar atau kualitas fisik lainnya. Hewan inferior tidak berperilaku seperti hewan alpha karena dia akan dianggap menantang untuk berkelahi dengan hewan alpha. Kucing alpha boleh sembarang BAB di berbagai tempat tanpa harus mengubur kotorannya. Sedangkan kucing alpha boleh kencing sembarangan. BAB ataupun kencing adalah tanda bahwa daerah tersebut adalah daerahnya/ kekuasaannya. Kucing inferior yang BAB di wilayah itu harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh kucing alpha. Ia juga harus pipis di wilayah tertentu/khusus yang diperbolehkan sang alpha. Jadi, jika kucing kita mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang sama/itu-itu melulu, berarti kucing anda bukan kucing jagoan.

11. Mengapa kucing marah pada orang asing/tidak dikelnya ?
Itu tanda dominasi. ia menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Dia akan menatap mata orang yang tidak dikenalnya. Hal itu adalah tanda konflik dan kucing dapat segera marah walaupun tatapan itu hanya sebentar. Orang asing yang baunya belum pernah dikenal kucing, maka dari itu harus menghindari kontak mata/menatap mata agar tidak memberi sinyal konflik.

12. Mengapa kucing berdesis pada seekor burung ?
Itu tanda dari kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap si burung sebagai mangsa sehingga dia menunjukkan kekesalannya dengan berdesis.

13. Kenapa kucing menyelinap diam-diam menangkap mangsanya ?
Hal itu dilakukan untuk penyamaran, dia mencari tempat-tempat yang sersembunyi yang susah terlihat oleh mangsanya. Dan di saat mangsanya lengah, dia akan segera mengcengkramnya.

14. Mengapa kucing makan rumput ?
Kucing memakan rumput sebagai obat untuk mengeluarkan racun dalam tubuhnya. Sering kali rumput yang di makannya akan dimuntahkan kembali. dari muntahanya kita bisa melihat busa-busa yang artinya racun dalam tubuhnya sudah di bersihkan.

15. Mengapa kucing sampai loncat-loncat demi mendapatkan makanan ?
Hal ini dilakukannya untuk memperoleh sudut terbaik untuk bisa mencengkeram mangsanya, sehingga mangsa dapat efektif tertangkap. Coba lemparkan gulungan kertas, ia juga akan melakukan salto.

16. Mengapa kucing suka memainkan mangsanya sebelum di bunuh ?
Bagi kucing rumahan, mendapatkan mangsa adalah peristiwa langka/hebat. Kucing dapat saja langsung menggigit sehingga mangsanya akan cepat mati, tetapi hal ini tidak dilakukannya. Ia ingin bersenang-senang lebih lama dan menikmati momen dimana ia memperoleh mangsanya, pada saat itu kucing akan merasa sangat bahagia. Bagi induk kucing, sering tidak membunuh mangsa secara cepat, tetapi membawanya hidup-hidup untuk membagi makanan dan kegembiraan dengan anak-anaknya.

17. Mengapa kucing mendesis ketika sedang marah ?
Ini disebut mimikri ular/seperti ular. Kucing sedang meniru perilaku ular karena bagi sang kucing, ular adalah hewan berbahaya. Maka dari itu dia punya taring seperti kucing, tetapi ular punya bisa. Kucing tidak mempunyai bisa, tetapi dengan hanya meniru desis ular, ia berharap lawannya akan mengira kalau ia juga mempunyai bisa yang mematikan. Biasanya kucing akan mengarahkan telinganya menjadi datar ketika sedang mendesis, itu dilakukaknya untuk meniru ular kobra

18. Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya ke kaki kita atau benda tertentu ?
Sama seperti melakukan kencing dan BAB bagi kucing alpha, kucing suka menggosokkan dirinya pada berbagai benda sebagai tanda benda tersebut adalah hak miliknya. Kucing memiliki feromon, feromon adalah bau khas yang dimiliki kucing, dan bau ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin juga menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing pertama, maka kucing yang ke 2 tidak akan berani menggosokkan tubuhnya di benda tersebut, kecuali ia berani mengambil resiko konflik. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki kita, itu tandanya ia merasa kita adalah miliknya.

19. Mengapa kucing suka mengeong pada manusia ?
Beda dengan sesama kucing yang menandakan sosialisasi mereka, kucing mengeong pada manusia, terutama saat mereka lapar, ia berusaha menipu manusia dari suaranya. Ia mencoba meniru suara bayi agar kita mengira dia seorang bayi oleh majikannya sehingga ia mendapatkan perhatian lebih dari majikannya selayaknya perhatian yang diberikan manusia kepada anaknya

20. Mengapa kucing lebih aktif di malam hari ?
Kucing lebih aktif di malam hari karena waktunya untuk berburu adalah malam hari. Dia memiliki penglihatan khusus untuk berburu saat malam hari. Tidak seperti manusia, penglihatan kucing saat malam hari terlihat sangat jelas. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan cara pandang manusia dan kucing kalian bisa berkunjung >> kesini <<

21. Mengapa kucing datang saat dipanggil puss ? 
Itu karena sejak dulu kala kucing mengang dipanggil puss dan sampai saat ini dia merasa bahwa namnya puss. Sebenarnya panggilan puss itu juga bisa dirubah sejak dia masih kecil, agar terbiasa dengan nama panggilan baru selain puss, sejak kecil berikan nama pada kucing kalian.

22. Mengapa kucing memakan ari-arinya ?
Saat kucing hamil biasanya ari-arinya akan dimakannya. Karena kebiasaannya yang bersih dia memakan dan membersihkan bekas-bekas darah dan ari-rainya. Coba kalian perhatikan kucing kalian abis melahirkan, pasti dia akan nampak bersih.

23. Menapa kucing memakan kotoranya sendiri ?
Apa kalian pernah melihat kucing kalian memakan kotorannya sendiri ? Mungkin ada yang memang pernah melihat dan ada juga yang tak sadar. Sebenarnya ada saja kucing yang memakan kotoranya sendiri, bisa disebabkan karena tidak ada makanan lain. Dan selain itu cara membersihkan dirinya, coba kalian perhatikan cara dia membersihkan dirinya sampai ke bagian pembuangan. Itu sama saja memakan kotoranya sendiri.

24. Mengapa kucing suka makan ikan ?
Kebiasaan kucing suka makan ikan bukan hanya karena rasanya, tetapi karena baunya/aromanya yang khas dan amis. Selain ikan kucing juga menyukain makanan lain seperti daging ayam, sapi dan lainnya. 

25. Mengapa kucing memakan anaknya sendiri ?
Kucing memakan anaknya sendiri dikarenakan anaknya terkena penyakit atau lemah, untuk menghindari penyebaran penyakit biasanya induk kucing akan langsung memakn anaknya. Itu dilakukan agar penyebaran penyakit si anak kucing yang lemah itu tidak menulari anak kucing yang lain. Kucing jantan juga bisa saja memakan anak kucing, itu karena dia berniat jahat dan ingin mempermainkan anak kucing tersebut.

26. Mengapa induk kucing menggigit leher anaknya ?
Jika kita mengambil anak kucing yang baru lahir biasanya si induk akan mendatangi dimanapun anaknya berada/dibawa. Dia tidak ingin anaknya mengalami masalah dan menginginkan anaknya dalam kondisi baik-baik saja. Setelah melihat anaknya maka dia akan segera membawa anaknya dengan cara menggigit lehernya dan dibawa ke tempat asalnya.

27. Mengapa kucing suka mondar mandir ?
Kucing mondar mandir untuk mencari makanan dan mencari tempat yang baik untuk tidur. Jika kamu ingin dia diam berikanlah dia makanan dan tempat yang empuk untuk dia tidur.

28. Mengapa kucing suka melihat kita ?
kucing selalu merasa di sekitarnya ancaman dan sangat waspada. Kucing selalu berpikir apa yang akan kita lakukan. Contohnya si kucing berpikir apa yang akan kita lakukan, apakah dia akan kedapur memberiku makan. Si kucing biasanya akan selalu siap siaga mengikuti kita.

29. Mengapa kucing menggigit-gigit kukunya ?
Kebiasaan kucing menggigit-gigit kukunya adalah untuk mengasah kukunya agar lebih tajam dan siap untuk mencengkram. Selain itu dia juga membersihkan kotoran yang ada di kuku-kukunya. 

30. Mengapa kucing suka menggerak-gerakkan ekornya ?
Kucing yang suka menggerak-gerakkan ekor itu petanda dia merasa bahagia dan senang. Coba kalian usap-usap bagian bawah leher kucing, dijamin dia bakal senang dan ketagihan.              

Itulah kumpulan perilaku dan kebiasaan kucing yang perlu diketahui, Karana masih banyak perilaku kucing yang belum sempat ditulis, untuk itu admin berikan kesempatan buat kalian membagi pengetahuan dengan cara berkomentar di kotak komentar bawah.